Minggu, 29 April 2012

Tips : Bertahan dengan tetap menikmati HIDUP di Perancis



Mungkin kita semua sudah paham, mahalnya hidup di negara-negara eropa, khususnya di eropa barat, salah-satunya Perancis. Bisa bayangkan betapa mahalnya 1 botol air mineral 600ml = 2€ (Rp 24.000) atau secangkir coffee = 2,5€ (Rp 30.000). Apalagi kalau anda masuk ke restaurant-restaurant specialty…Chinese Restaurant, selangit mahalnya..
Hidup di negara maju, sangatlah tak mudah, apalagi dengan dana terbatas, hanya dengan mengandalkan beasiswa yang jumlahnya pas-pasan (dan sering datang terlambat)..
Ada beberapa cara yang selama ini, yang biasa saya gunakan untuk tetap bisa bertahan dengan tetap menikmati HIDUP di Perancis.

1.    Puasa “Senin-Kamis”
Ini serius loh… apalagi selama musim gugur dan musim dingin, jarak antara Imsak dan Magrib lebih cepat.. hanya 8-9jam (Shubuh jam 06/07 pagi dan Magrib jam 17/18 sore). Kan lumayan selain dapat PAHALA juga Ngirit!!!. Tapi jangan nekat puasa dimusim semi dan musim panas, bisa 14-18 jam (Shubuh jam 04, Magrib jam 21.30 Malam) www.islamicfinder.org.


2.    Masak-Masak
Menu andalanku...semur
Ya walaupun rasanya a’la kadarnya, namun buat saya masakan sendiri lebih enak ketimbang beli di Resto U (Restaurant kampus yang harganya paling murah se-kota, hanya (3,5€/paket). Karena rasanya “hambar”. Kan dalam memasak itu yang paling penting cuma; bawang merah, bawang putih, cabe, garam plus merica…beres!!!, mau ditumis, diremus, dikukus…’’samimawon’’(sama saja)
Apalagi dengan masak-masak bisa menghemat buayyyakkkk bangettt!!! Bayangkan kalau makan di Resto U 2x sehari, berarti sehari harus keluar 7€, yang kalau dibelikan bahan sayuran bisa buat 4-5 hari.

3.    Jalan-jalan ke ‘’Pasar Tradisional’’
Setiap hari Sabtu atau Minggu, biasanya kota-kota di Perancis, ada pasar tradisional yang menjual berbagai jenis kebutuhan, mulai dari daging, ikan/seafood, sayur mayur dan buah-buahan (hanganya sich.. tidak jauh beda dengan yang disupermarket) tapi lebih segar dan banyak pilihan, Kalau beruntung ..sering ada yang obral harga buah-buahan/sayur-sayuran.
Pasar Loak......(saingan Taman Puring!!!!)
Belum lagi.. biasanya juga ada pasar loak (barang bekas). Jadi kalau mau beli peralatan makan standard (gelas,piring, sendok, garpu, pisau, dll) dapat dibeli disini. Pinter-pinter milih!!! Kalau beruntung bisa dapat barang yang bagus, unik dan MURAH.

4.    Gunakan ‘’Bantuan’’ pemerintah Perancis
Pemerintah Perancis ternyata baik juga loh!!! Walaupun kita bukan warga negara Perancis, kita tetap bisa mengajukan CAF((Caisses d'Allocations Familiales) www.caf.fr, bantuan pembiayaan sewa kamar. Selama ini saya bisa menghemat 50% dari harga normal.

5.    Kartu Miskin
Jangan gengsi dech… Ternyata disetiap kota www.anger.fr  disediakan kartu miskin/Carte Partenaires, syaratnya mudah kok..cuma melampirkan; surat keterangan kuliah/sekolah, surat keterangan beasiswa, surat keterangan tempat tinggal plus photo, sehari langsung jadi.
Kartu Miskin....
 Keuntungannya?? Ya dianggap orang tak mampu alias MISKIN, makanya selalu dapat harga special, seperti Pameran, Konser Musik, Theathre, Transportasi atau hal-hal lain yang diadakan oleh pemerintah setempat.

6.    Bersepeda itu sehat
Buat yang senang bersepeda, kota-kota di eropa merupakan surganya, apalagi sarana dan prasarananya TOP BANGET dech!!!, dan semua pengendara kendaraan bermotor (Mobil/motor) sangat menghormati pengendara sepeda. Disetiap kota disediakan sepeda pinjaman gratis, bagi penduduk sementara, syaratnya hanya dengan melampirkan surat keterangan kuliah/sekolah, surat keterangan tempat tinggal….mudah kan? Tapi untuk musim gugur dan musim dingin sebaiknya naik kendaraan umum dech…daripada mati kedinginan.

Menunggu penumpang.......
7.    ‘’Numpang-numpang’’ juga OK!!
Buat yang hobby jalan-jalan, banyak loh caranya! Saya sendiri beberapa kali mengunjungi kota-kota di Perancis dengan mengunakan fasilitas “Numpang” mobil orang lain, tentunya ngak gratis, tapi harganya lebih murah 50% dibanding naik angkutan umum lainnya (www.covoiturage.fr)
Begitu juga kalau terpaksa harus  bermalam disuatu kota/tempat yang sama sekali kita ngak punya kenalan orang Indonesia, bisa bergabung dengan www.Couchsurfing.org  Jadi bisa punyak banyak kenalan + tempat nginap gratis…bahkan sering dapat makan….he..he..

8.    Nonton konser; Teather, Music, Film GRATIS!!!!
Bener loh!!! Kalau pakai Carte Partenaires hanya discount 50%, maka yang ini GRATIS!!! Disetiap Universitas biasanya memiliki ‘’Culture Centre’’ dan setiap bulannya mereka selalu mengadakan exhibisi, baik itu music, film atau kesenian lainnya di gedung kesenian kampus, fasilitasnya bagus loh seperti gedung bioskop. Lumayan kan buat hiburan !!!
Selain itu disetiap perpustakaan kampus, biasanya juga disediakan CD/DVD berbagai jenis Film atau music dari berbagai Genre (Original loh !!!) yang bisa dipinjam setiap saat. Atau bisa juga download diinternet www.downloadfilem.com atau www.dennyspot.com

9.    Nge-PRINT lebih murah dari Photo Copy
Calon Tehnokrat...
Lebih baik membeli printer (35-40€) daripada pergi ke mesin photo copy, kalau pakai printer kita bisa ‘’ngopy’’ berapa pun yang kita mau, karena kalau ke mesin photo copy bisa jebol kantong …2€ hanya untuk 40lembar, sedang kalau printer (8€ untuk isi ulang) bisa untuk copy/printing 200-250 lembar, Irit kan !!!

10.  Ikutan liburan murah CLOUS/CROUS
Tiap tahun biasanya CLOUS/CROUS, www.cnous.fr (pengurus kehidupan mahasiswa) sering mengadakan jalan-jalan murah, harganya cuma 10€ (Sudah termasuk Transportasi, Makan dan Objek wisata), kalau jalan sendiri bisa lebih dari 50€ (itu juga paling irit !!). Biasanya di info oleh International Office, makanya sering-sering lihat papan pengumuman di Int’l Office, atau kenal dengan salah seorang staffnya, karena biasanya sangat terbatas (untuk 25 orang) jadi ‘’Siapa cepat dia Dapat!!!’’

8 komentar:

  1. kalau biaya kuliah disana berapa rata2nya ?

    BalasHapus
  2. aduu.. ngakak bgt lohh lihat postingan blog bapak yang ini.. apalagi yang soal "kartu miskin".. bahasanya gtu bangettt..
    thumbs up buat usaha bertahan hidupnya pak di France.. (y)
    good luck deh pak ke depan.. semoga sukses pak !! .. >,<

    BalasHapus
  3. woww... C'est une magnifique histoire monsieur... J'espere que je pourrais passer d'etude en France. votre bloque est tres utiliser. merci

    BalasHapus
  4. anda kuliah di university mana? S1 atau S2? saya rencana S2 ingin disana. bagaimana anda merencanakan pergi kesana? apakah anda memakai agen?

    BalasHapus
  5. Merci a tous, Untuk informasi detail tentang saya silakan cek di Profile, Saya kuliah ke Perancis tidak melalui agen, namun melalui beasiswa DIKTI Kemendikbud RI

    BalasHapus
  6. merci beaucoup

    http://penulisbatusangkar.blogspot.com
    marjohan

    BalasHapus
  7. Menarik nih bos, walaupun seinget gw air mineral ada yang lebih murah dari Aqua di Indonesia ( gw lupa merk-nya). Anyway ini ada pengalaman gw waktu apply kuliah di Perancis, mungkin bisa berguna:

    https://rsatriothoughtsandexperiences.wordpress.com/2016/07/06/studi-di-prancis-part-1/

    BalasHapus