Jumat, 27 April 2012

Guest Lecture - Indonesia Tourism


Hari Ini merupakan hari “Kamis” ke dua yang cukup mendebarkan bagiku setelah 6 bulan, belajar di ITBS Universite d’Angers, setelah Ujian (Soutenance) Proposal Desertasi, Kamis 20 Maret 2012 yang lalu.

Ya.... hari ini, Kamis, 26 April 2012, Aku diberi kesempatan untuk memberikan materi tentang “Indonesia Tourism” (Guest Lecture) dihadapan para mahasiswa/i Magistere (Master 1) Hotel & Event Management ITBS Universite d’Angers.

Dari pagi, persiapan untuk presentasi sekali lagi ku chek dan re-check, bahkan script  untuk presentasi sudah kubaca 3x, mudah-mudahan didepan kelas nanti tidak nervous.
Jam 13.30, Setelah selesai mandi dan makan siang, aku berangkat ke kampus, langsung menuju ruangan Mme. Hélène Pébarthe-Désiré P.hD (Directrice des études du Magistère ESTHUA- Université d'Angers). Karena dialah yang memintaku untuk menjadi guest lecture di kelasnya. Ruangan yang berada di ujung lantai 2 ITBS.

Saat kuketuk pintu ruangan, Mme. Helene telah menungguku, ia menyambutku dengan ramah, langsung kuserahkan copy presentasiku kepadanya. Setelah mereview sebentar, ia cukup terkesan, apalagi hal-hal yang ia minta untuk ditambahkan saat kami berdiskusi 2 hari yang lalu, sudah aku akomodir semua.

Jam 14.00 kami sudah berad di R.401, setelah memperkenalkan diriku, Mme.Helene mempersilakanku untuk langsung mempresentasikan materiku..

“Good Afternoon, everyone, thank you for your time….first of all I would like to introduce my name is Asep, I’m one of the P.hD candidate in Tourism at ITBS since Oct 2011, last year, so this is my 2nd semester here. It’s very honorable for me to Introduce and explain to you about Indonesia Tourism, I Wish that it can be attract some of you to visit our country. Especially to study about our culture and language trough STP Sahid (one of ESHUA partner in Indonesia)

My presentation will divide in three part, there are; International Tourism, Domestic Tourism, and History & Policy Indonesia Tourism

According the report of UN WTO in 2010, total global tourist in the world is 940 million tourists, the top ten international tourism destinations in 2010 were (see the barometer for the full rankings) and Indonesia rank is 74 from 120 countries member of WTO

Before we go thru..  I just one to know there is any body can show me where’s Indonesia located in this World Map?????

In this map, you can see, that Indonesia located in Southeast Asia, our neighbor country are Malaysia, Singapore, Thailand, Brunei Darussalam, Australia, Philippine and Papua Newguenia

Itu adalah beberapa kalimat yang aku sampaikan pada slide-slide pertama presentasiku. Saking “Exiting” (senangnya) menjelaskan (baca;mempromosikan) tentang Indonesia di hadapan sekitar 25 orang mahasiswa/i. Aku sampai lupa, bahwa waktu yang diberikan hanya 45 menit tapi molor hingga 1h15.

Mme. Helene cukup mengapresiasi presentasiku, presentasi yang sudah kupersiapkan sejak 2 minggu.  Tidak sia-sia, karena walau dengan data yang seadanya (di Internet-susah dapat data yang up to date) namun cukup informative (harapannya).
Presentasi dalam bentuk Powerpoint yang jumlahnya 50 slide, penuh dengan Statistic Graphic, Gambar-gambar pemandangan baik Pengunungan, Pantai dan Taman bawah laut di Indonesia, termasuk juga beberapa link film yang aku ambil dari youtube.

http://www.jeuxpo.com
Banyak sekali yang terkesima akan keindahan alam Indonesia khususnya Pantai Pink di Pulau Komodo dan Raja Ampat, apalagi saat mereka tahu bahwa Raja Ampat pernah menjadi tempat syuting Koh Lanta sebuah acara TV yang sangat diminati oleh banyak orang Perancis.  Koh-Lanta yang berasal dari nama sebuah pulau di Thailand (disebut juga Les Aventuriers de Koh-Lanta) adalah sebuah acara TV realitas dan petualangan di  TF1- Perancis (sejak 4 Agustus 2001) dengan sutradara Denis Brogniart (2002) dan Hubert Auriol (2001)[1].

Setelah sempat meberikan sedikit  kesimpulan akan presentasiku, Mme. Helene mempersilakan para mahasiswa untuk mengajukan pertanyaan, pertanyaan yang paling menarik adalah “Berapa lama waktu yang  saya butuhkan untuk bisa mengunjungi semua objek wisata yang anda jelaskan tadi?”  O lala berapa lama ya…(pusing juga)
Bersama beberapa mahasiwa M1
Aku jawab “Anda akan butuh waktu yang cukup lama untuk dapat mengunjunginya semua, namun ada satu tempat dimana anda bisa melihat budaya Indonesia hanya dalam 1 hari datanglah ke Jakarta dan mengunjungi TMII (Taman Mini Indonesia Indah)”

Senang rasanya bisa menjadi duta bangsa. PROUD TO BE AN INDONESIA !!!!!!!!!!!!


[1] http://fr.wikipedia.org/wiki/Koh-Lanta

2 komentar: