Minggu, 22 April 2012

Backpackers (Part III) Bratislava...Selalu diperebutkan!!!

Cerita bersambung ini, adalah pengalaman pertamaku melakukan perjalanan a la backpackers (budget sangat-sangat terbatas), untuk berkeliling eropa. Disela-sela liburan paskah 2012. Kali ini perjalananku adalah mengunjungi ibukota 3 negara di eropa timur yaitu; Hungaria (Budapest) – Slovakia (Bratislava)- Austria (Vienna), semoga bermanfaat..

Bratislava, Senin 16_04_12
Bratislava Hlvna Stanica
Hampir saja aku melewatkan station Bratislava Hlvna Stanica, memang dalam tiket ditunjukkan bahwa aku akan sampai jam 12.06, tapi tadi waktu controller menjawab pertanyaanku, ia sampaikan bahwa aku akan sampai 1 jam lagi berarti 13.06 Untung aku bertemu 3 orang wisatawan asal Brunei yang menyampaikan bahwa aku sudah sampai di Bratislava>>>> Untung!!! Keluar dari peron, aku langsung menuju money changer untuk menukar uang…Upps malunya, karena ternyata Bratislava sudah menggunakan Euro.
Sesuai dengan petunjuk dari Ieva Jaudzeme (yang akan meng-couch-ku selama di Bratislava) kalau aku harus naik bus no 32 (0,90€) dan turun di halte SIEMENS, naik keatas dekat hotel UVS untuk berjalan Junova Street. uhhh capek juga jalan mendaki kerumah Ieva, ditambah hujan gerimis…berkeliling mencari rumah no 27, susah juga …Akhirnya Ieva mengirim SMS+ menelpon ku, menyampaikan kalau ia menunggu didepan rumahnya dari tadi… Akhirnya aku bertemu juga dengan Ieva, seorang perempuan berkulit putih yang ramah, ia mempersilakanku masuk kerumahnya…Wuiss luar biasa fasilitas rumah ini, aku serasa di hotel bintang 4, Terima kasih tuhan..
Tempat yang disediakan Ieva
Selesai mengantarkannku ke tempat tidurku dan menjelaskan fasilitas yang ada, kami memutuskan untuk segera ke kota. Walaupun masih hujan rintik-rintik. Dengan bus(0,70€)  kami berhenti di Hadzovo nam, di depan Grassalkovich Palace, yang merupakan Istana sekaligus kantor kepresidenan Slovakia.
Grassalkovich Palace
Ieva kemudian mengajakku untuk langsung melihat kota tua, namun sebelumnya dia juga memintaku untuk datang pada “Monday Meeting Couch Surfing-Bratislava” jam 19.00 malam. Selesai menunjukkan tempat pertemuan, kami kemudian mengunjungi St.Martin’s Cathedral, Old Town Hall, St.Michel’s Gate, Franciscan Churh dan Monestrey AcademiaIstrapolitana, Church & nursery of the order of the sister of St.Claire, Slovak National Theatre
Hampir semua yang unik dan menarik di kota tua Bratislava sudah kami kunjungi, namun Ieava harus pergi sampai  jam 20.00. ia berjanji akan menemuiku kembali ditempat meeting couch surfing. Kami berpisah di tengah kota tua, sesuai denga saran Ieva, aku mengunjungi Blue Chruch (St.Elizabeth Church)

Blue Church
Univertiza J.A.Komensky
menyusuri jalannya hingga berada di depan Univertiza J.A Komensky dan sungai Duna untuk mengambil gambar UFO Bridge. Kembali menyusuri Mustovia, hingga berada di puncak bukit, tepat di depan Hardky Hard Castle, dari sini aku bisa melihat bagian  Negara Hungaria dan bagian negara Austria.
UFO Bridge
HRD Castle
Aku kembali menyusuri jalanan kota tua, sempat mampir melihat youth hostel Backpackers yang tadinya akan aku tempati. Jam sudah menunjukkan 18.30 perutku sudah lapar, aku mencoba kebab(4,5€)  di toko tak jauh dari tempat meeting. Yang unik saat aku menikmati kebab dalam restaurant, tulisan ayat suci al-quran Al-Fatiha dan Allah terpampang di dinding, senangnya hati…
Al Fatiha & Allah
Stalin Park
Saat memasuki tempat meeting belum ada anggota couch surfing yang datang, tak lama barulah Piotr (Poland) datang, diikuti kemudian dengan yang lainnya, sampai dengan jam 22.00 tak kurang ada 40 orang yang hadir dari 11 negara, aku sendiri berkenalan dengan Ivana (Slovakia), Ada (Poland), Hugo (Paraguay), ramai sekali acara malam ini, dengan tema “ Talking about Nothing” (5,00€)  sangat menarik.. Jam 23.00 sebagian besar mulai pamit pulang karena harus kerja. Ieva mengajakku untuk melanjutkan hang on di bar RANDALL (Rock Bar) (5,00€)  bersama Pedro (Brazil) dan Billy (South Africa) Huff sepi hanya 3 orang tamu, namun semakin malam café ini makin ramai, sampai jam 02.30 kami berada disana… Pulang dengan taxi(3,00€).

Bratislava, Selasa 17_04_12
Randall Bar
Karena semalam baru tidur jam 04.00 pagi, maka aku baru bangun agak siang sekitar jam 11.00 pagi, Ieva menawarkan sarapan pagi sederhana Teh dan beberapa potong sandwich. Selesai cuci muka & sikat gigi, kunikmati sarapan sederhana, Ieva bercerita tentang aktifitasnya di Couch Surfing, maupun pekerjaannya. Jam 12.30 kami berdua kembali menuju Old Town apalagi hari ini cuaca cerah sekali.
Slovenian Muzeum
Petrazalka

Kami sempat menikmati the dengan berbagai rasa di Tea House-Old town . (3,80€) Jam 15.30 aku melanjutkan perjalanan menuju Vienna-Austria dengan kereta dari Zeleznica Stanica Petrzalka(11,00€), sambil menunggu Train aku sempat menikmati sandwich ayam a’la Bratislava(2,30€)