Minggu, 20 Mei 2012

Hari-hari besar dan Festival di Perancis


http://www.freignard.f
Banyak sekali hari-hari besar dan juga liburan yang ada dalam kalender Perancis, bahkan ada anekdot kalau "Orang Perancis PEKERJAANNYA adalah berlibur". beberapa diantaranya adalah:

1 Januari - Jour de l’an (Libur 1 hari)
Tahun baru sebagai hari pertama  dalam tahun kalender. menjadi libur nasional sebagai akhir dari pesta akhir tahun. Transisi ke tahun baru dimulai sehari sebelumnya dengan peringatan St. Sylvester umumnya dilakukan dengan berkumpul bersama teman-teman. Pada tengah malam pada saat pergantian tahun, akan dilakukan Toast dengan Champagne, sambil berpelukan dan berdo'a untuk lebih baik ditahun yang baru.

1 Mei – May Day (Libur 1 hari)
Sejak tahun 1947, setiap tanggal 1 Mei menjadi  hari libur nasional. Pada tahun 1889, Kongres Sosialis Internasional, mereka mengklaim “May Day”. Ini adalah hari yang didedikasikan untuk pawai serikat pekerja di seluruh kota-kota besar. 

8 Mei  - Victoire seconde de Guerre (Libur 1 hari)
Diperingati sebagai hari berakhirnya perang dunia kedua dan kemenangan sekutu atas nazi ditahun 1945

Juli 14 –  Fete Nationale de Francaise (Libur 1 hari)
Menjadi hari Libur Nasional guna memperingati penyerbuan Bastille pada 1789 dan  1790, yang menjadi symbol dari Revolusi Perancis. Di Paris, dan di kota-kota besar, diadakan parade militer. Pada malam hari, diadakan pesta dansa serta pesta kembang api. 
http://thebrandbuilder.files.wordpress.com
Paques - Paskah (libur 1 minggu)
Perayaan Paskah
menjadi salah satu perayaan penting umat Kristen, sebagai hari kebangkitan Jesus Christus. Biasanya terjadi hari Minggu (antara Maret 22 dan April 25) Hari Senin berikutnya adalah hari libur.. Biasanya Lonceng-lonceng di  gereja berdetang selama tiga hari mulai dari Hari Jumat (saat kematian Yesus) sampai Minggu Paskah, Paskah merupakan hari yang dinanti-nanti oleh anak-anak, karena hari itu akan banyak sekali hadiah coklat yang harus mereka cari  dalam bentuk telur, ataupun kelinci. Senin Paskah, menurut tradisi makan bersama keluarga biasanya dengan menu  domba.

L’ascension (Kebangkitan Jesus Kristus)
Festival ini berlangsung pada hari Kamis, empat puluh hari setelah Minggu Paskah. Ini merayakan keajaiban pengibaran Yesus Kristus di surga, empat puluh hari setelah kebangkitan-Nya.

 15 Agustus - l'Assomption de la Vierge Marie.
Adalah perayaan hari, yang mengacu pada penghapusan dosa ajaib Perawan Maria oleh para malaikat, juga diperingati oleh umat katolik di negara-negara lain seperti; Italia, Belgia, dan Lebanon
http://static.skynetblogs.be
1 November - Toussaint (Libur 1 Minggu)
Hari untuk merayakan semua orang kudus (Santo). Di gereja-gereja Katolik memperingatinya dengan hiasan berbagai bunga, begitu pula di makam-makam terutama bunga krisan.

25 Desember
- Noel (Libur 1 Minggu)
Noel (Natal), guna merayakan kelahiran Jesus Kristus,  Biasanya penganut
Katolik
akan pergi  ke Misa pada tengah malam pada tanggal 24 Desember di gereja. Sedang tanggal 25 malam berbagai sajian makanan tradisional sebagai kalkun dan kue-kue yang disebut “buche le Noel’’, dan tentu saja, Santa Claus dan Pohon Cemara yang penuh dengan  hiasan & hadiah.


6 Januari – l’Epiphany (Tidak Libur)
Perayaan ini berasal dari Timur guna merayakan hari Minggu pertama setelah Tahun Baru. Ini memperingati adorasi Kristus oleh orang Majus. Biasanya dirayakan dengan berbagi kue/brioche memiliki Frangipane (krim almond tanah) yang dikenal dengan nama “Gallete de la Roi’’, dengan patung-patung kecil seorang raja atau ratu didalamnya. Sebelumnya terbuat dari porselen, namun sekarang sudah banyak yang terbuat dari plastik, Kue-kue ini dijual dengan mahkota kertas berwarna emas atau perak. Siapa pun yang mendapatkan patung kecil raja/ratu dalam potongan kuenya ia akan menggunakan mahkota tersebut selama seharian. Perayaan ini biasanya diikuti dengan minum-minum Champagne ataupun Sparkling Wine, antar teman, keluarga tetangga, atau teman sekantor.
http://prenonslelarge.files.wordpress.com
1 April - Poison d’avril ! (Tidal Libur)
Di Perancis juga mengenal “April Mop’’ namun dengan istilah yang berbeda “Poison d’avril !” (Racun bulan April!). Seperti di tempat-tempat lain pada hari itu banyak lelucon/bercanda yang dilakukan antar teman, bahkan tak jarang di surat kabar, radio dan televisi mengumumkan berita yang kadang-kadang palsu.

21 Juni - La Fête de la Musique (Libur 1 hari)
Festival musik dimulai sejak tahun 1981, yang diakhirnya dieresmikan oleh kementerian kebudayaan Perancis menjadi festival nasional. Edisi pertama diadakan 21 Juni 1982. Dipilihnya tanggal Juni 21  karena hari pertama musim panas (hari terpanjang dalam setahun). Festival ini diisi dengan  berbagai konser music dari berbagai  musisi amatir yang tampil di berbagai jalanan. 
http://www.lexpress.fr
14 Februari - Hari Valentine (Tidak libur)
Dikenal dengan hari “kasih sayang”, yang menurut cerita berasal dari Gereja Romawi di abad ke 15,namun masih dianggap misterius ... Biasanya hari itu dirayakan dengan mengirim kartu atau memberikan hadiah bunga kepada seseorang yang dicintai. Lambang hati berwarna merah dan pink menjadi cirri khas.

5 komentar:

  1. wah, sangat informatif. saya jadi tau apa yg belum saya ketahui. terimakasih ya bapak asep :)

    BalasHapus
  2. TERIMA KASIH SEKALI UNTUK INFORMASINYA BAPAK ASEP

    BalasHapus
  3. terima kasih,
    informasinya sangat membantu.

    BalasHapus
  4. Terima kasih sudah sudi mampir

    BalasHapus
  5. Suka banget informasinya. Lanjutkan pak asep!!!

    BalasHapus