Senin, 17 Oktober 2011

T.G.I (Thanks God Its Friday..)


Jum’at, 7/10/2011
Pagi-pagi aku sudah berangkat ke St. Serge, karena pagi ini ada kuliah FLE (France Langue pour Etrange), dengan Mme. ODILE V di S 319, jam 9.30.
Didepan kelas masih kulihat tertutup, kucoba buka ternyata masih terkunci, tak lama datang seorang mahasiswa lain yang menanyakan apakah kelas sudah di dibuka. Kujawab ‘’pas ancore’’ (belum) lalu dia menanyakan mana yang lain, mungkin dia tahu kalau bahasaku mentok akhirnya ‘’Vous parle anglais ?, oui d’accord’’, jawabku bersemangat…akhirnya kami berteman, ternyata ia berasal dari Rumania, namanya ALIM M, kuceritakan kalau aku juga kenal dengan ALEXANDRA B, dia bilang bahwa banyak mahasiswa Rumania yang belajar disini. Tak lama Mme. ODILE V datang, seorang wanita separuh baya yang murah senyum. Kelas dibuka dan ternyata kelas ini adalah Lab bahasa Prancis yang cukup canggih. Hari ini topiknya adalah TMM (Tell Me More), dia menjelaskan bagaimana cara kerja program bahasa yang ada dalam komputer di depanku, cukup mudah mengoperasikannya. Program seperti ini yang akan sangat baik jika digunakan di kampusku untuk belajar bahasa Prancis dengan cepat. 
Ternyata dikelas ini aku juga bertemu dengan ESTER, anak L1 yang kemarin juga bertemu di kelas ‘’Tourisme le Monde’’. Wah lumayan ada yang bisa jadi tempat bertanya. Kelas ini diisi oleh mahasiswa asing yang berasal dari berbagai negara.  Wuih.. waktu sudah menunjukkan jam 12.30..aku harus segera menemui ELISE dkk, di Bibliotheque yang kemarin berjanji makan siang bersama lagi.. Tapi jam 13.00 aku harus masuk kelas lagi di Research Centre. Akhirnya kusampaikan ke mereka kalau siang ini aku tidak bisa  makan siang bersama, tapi aku minta mereka untuk membelikan aku tiket Resto U, karena punyaku sudah habis. Sambil membeli Pasta + sebotol Air, waktuku tinggal 5 menit lagi, aku makan dengan lahap,  langsung cawww ke lantai 3 (ruang Research) disana sudah lengkap semua kandidat P.hD, namun hari ini bertambah lagi 2 orang, total jadi 8 orang denganku. Mme. Prof. CECILE C, menyapaku dengan ramah… How are you asep?... Bien Madam. Hari ini kami membahas tentang dasar-dasar manajemen penelitian, selama empat jam (13.00 – 16.00), kembali kudengarkan ceramah bahasa Prancis…wuih… susah sekali kumegerti maksudnya, tapi kucoba catat semua power point yang ditampilkan  Mme. Prof. CECILE C, Agar nanti bisa kutanyakan pada UNCLE GOOGLE…
Akhirnya selesai juga. Pertemuan hari kedua ini, Sebelum bubar  kucoba bersosialisasi dengan para candidat P.hD lainnya, wah ternyata mereka semua lancar berbahasa INGGRIS dan PRANCIS, hanya aku yang tidak bisa berbahasa Prancis, malu aku…. Berkenalan dengan YUE JIAO yang sudah 3 tahun di ESTHUA, dan ERFAN yang sudah 7 tahun di Prancis…Pantas bahasanya sudah lancar..he..he..Mereka sangat ramah. Mudah-mudahan begitu selanjutnya..Amin
Jam 4 sore, ELISE mengundangku untuk kumpul di Centre Ville jam 19.00, Kenapa tidak, menikmati malam Sabtu di Angers. Sekaligus untuk mengenal kehidupan mahasiswa di sini. Sampai jam 21.00 bersama  ELISE, STEPHANIE, JENIFFER dan SYLVAIN, kuhabiskan malam di salah satu coffee shop di Rue St. Laud. Ternyata disini malam yang digunakan untuk ‘’hang out’’ para mahasiswa bukanlah malam Sabtu atau Minggu seperti di Jakarta. Tetapi malam Kamis atau malam Jum’at, karena Sabtu dan Minggu biasanya mereka gunakan untuk tidur atau pulang ke daerah/rumah masing-masing (anak kost-kostan) di luar kota Angers.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar