Selasa, 18 Oktober 2011

Kuliah Pertama.....Mal a la tete (Kepalaku Pusing)


Kamis, 6/10/2011
Jam 05.15, rutinitas sama saja…
Jam 7.00 kukejar Bus Ligne 1 Monplaisir di depan Cite Universitaire – Belle Beille. Agar nanti tak bertemu lagi tram yang sesak dengan mahasiswa seperti kemarin. Pagi  (08.00 -09.20) ini ku ikuti kelas Mme. MC BONNEAU tentang “Civilisation d’européen”. Ternyata JENIFFER  (mahasiswi PERU yang kukenal bersama ELISE, dkk) juga mengambil mata kuliah yang sama, dia yang banyak membantuku dengan bahasa Inggris tentang mata kuliah ini.
Selesai pelajaran, Mme. MC BONNEAU mengajakku ke kantornya untuk menyerahkan form yang diminta oleh Bank BNP Paribas beberapa hari yang lalu. Selesai menerima form tersebut aku langsung menuju Bank BNP Paribas di FOCH ARAS tempatku membuat rekening bank, namun form yang diisi oleh Mme. MC BONNEAU belum lengkap sehingga tidak diterima oleh petugas bank. Kucoba menghubungi Mme. MC BONNEAU, namun tak dijawab, ya.. sepertinya baru minggu depan aku bisa kembali ke bank.
Sore hari (16.00 -20.00) seperti jadwal yang sudah kuterima via email dari Mme. Prof. CECILE CLEARGEAU, bahwa akan ada pertemuan perdana dengan seluruh Profesor bidang Sosial yang akan membimbing para candidat P.hD, Dag…dig…dug…… menunggu pertemuan perdana ini.
Tepat jam 16.00, ruangan kecil di lantai 3 ESTHUA (Research Centre) sudah dipadati oleh 6 orang kandidat P.hD, yang dari penampilannya sebagian berasal dari Asia. Benar tak lama setelah 4 orang Professor masuk, kami diminta untuk memperkenalkan diri. PAKAI BAHASA PERANCIS!!!!!!!!!!!, para kandidat P.hD ini berasal dari Mauritius, Italia, Iran, Taiwan, China, dan Indonesia.
Selama 4 jam kudengarkan penjelasan dari 4 orang Prof  yang berlatar belakang berbeda (Prof CECILE CLEGEAU/Manajemen, Prof PHILIPPE VIOLIER/Geographie, Prof CRISTOPHE GUIBERT/Sosiologie, Prof JAQUES BOULAY/Sistem Informatic dan Accounting) tentang prosedur program P.hD, tapi semuanya tidak kumengerti…. Karena pakai bahasa perancis… aku hanya bisa menerka-nerka apa yang mereka maksud.
Hari yang melelahkan………

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar