Rabu, 02 November 2011

NANTES, Ibu kota PAY DE LOIRE


Senin, 31 Oktober 2011
Jam 4.30 aku sudah bangun, aktivitas biasa sudah aku lakukan tapi pagi ini,
Tapi pagi ini aku masak lebih awal, menu andalanku pagi ini adalah bakwan jagung, yang sudah aku persiapkan adonannya dari semalam.
Pagi ini aku berencana akan ikut anak-anak UI yang kuliah di  ISTIA (pak  Djoko dkk) pergi ke NANTES (ibukota Pay de la loire). Kami janjian untuk bertemu di La gare St Laud jam 08h30, Bakwan jagung yang aku buat mulai dari jam 06.00 sudah siap lumayan banyak ± 15 piece, lumayan buat sarapan dan cemilan selama perjalanan.
Sarapan pagi ini kuisi dengan nasi dingin plus ayam Marocco sisa kemarin, tetapp enak apalagi tambah kopi ginseng made in Vietnam.
Jam 08h00 aku meninggalkan residendence EINSTEIN menuju La GARE, udara pagi masih dingin sekali, senin ini sepi sekali karena sebagian besar orang masih liburan st.Tussant, jam sudah menunjukkan pukul 08h30, tapi tram masih berhenti di Arret FOCH ARAS, uhhhh lama kali sich… ternyata ada pergantian kondektur, akhirnya 08h35 aku baru sampai di La gare, teman-teman UI sdh menunggu disana.
Kereta yang akan kami gunakan adalah TER, sama seperti yang pernah aku gunakan saat ke SAUMUR, Jadwal keberangkatan kami jam 09h35, lumayan mahal tiketnya untuk sekali jalan €14.40, dan tidak ada potongan buat kami, mahasiswa, karena semua berumur diatas 24th (tua ya…..)
Setelah menempuh perjalanan ±40 menit, kami tiba di La Gare NANTES, cukup besar kotanya, apalagi ia sebagai ibukota provinsi Pay de la Loire, Saat keluar dari  La gare, kami sudah melihat moda transportasi di kota ini yang mirip dengan di Angers, TRAM dan BUS, namun disini terlihat lebih tua dibanding dengan di Angers, Jika di Angersdisebut dengan IRIGO, maka di Nantes disebut dengan TAN.
Sesuai dengan petunjuk yang pernah dibuat oleh pak Sabri sebelumnya, kami menuju ke COMMERCE (pusat kota NANTES) untuk selanjutnya mencari kantor OFII, tak susah mencarinya karena moda transportasi yang banyak dan teratur.
Namun jika dibandingkan dengan Angers, kota Nantes terlihat kurang terawatt, GRAFITTI dimana-mana, hampir terlihat disemua fasilitas umum. Rencana kami selama di NANTES selain melihat kantor OFII adalah mengunjungi semua objek wisatanya,mulai dari Chateau du Britagne, Katedral….., …….. yang semuanya berada dalam kota.
Dengan berjalan kaki kami kunjungi satu persatu tempat-tempat tersebut, Hampir semua anak-anak ISTIA punya hoby yang sama “Photography” tak ada satu angel pun yang mereka tinggalkan. Photo sana..photo sini…Hanya aku yang tidak membawa kamera pro, hanya bermodalkan Camera Handphone SAMSUNG yang kubawa dari Jakarta itupun hanya 5Mpixel. Tapi tak apa-apa karena ternyata mereka banyak butuh MODEL, he..he..he.. lumayan diphoto gratisssss


Jam 13h30 perut kami sudah bernyanyi terussss, bakwanku sudah habiss dari tadi.. Akhirnya kami bertemu dengan PETRA KEBAB, karena hanya itulah tempat makan yang terjamin HALAL buat kami. Si penjaga yang berasal dari JORDANIA dengan ramah menyambut kami, apalagi setelah dia tahu kalau kami dari Indonesia, Masyallah…masyallah….alhamdullilah…alhamdulilallah….. allez y  Indonesie….” Senang sekali dia menerima kami, mungkin karena Tim Jordania pernah mengalahkan Tim sepakbola Indonesia kali ya……, Kami semua memesan kebab, selama ia mempersiakan kebab untuk kami, ia berceloteh tentang teman-temannya yang pernah ke Indonesia dan Malaysia…Sangat bersemangat… Mungkin juga karena rasa  “Muslim Brotherhood”. Complimentary darinya Air Minum + Buah Anggur ….Alhamdullillah.
Kenyang sekali perut…dan biasanya bawaan ngantuk..mulai menjalar, Pak Djoko memberikan ide untuk menghabiskan waktu kami dengan naik TRAM dari ujung ke ujung kota NANTES, apalagi tiket TAN yang kami beli seharga € 4,20 berlaku 24 jam. Bagus juga idenya.. kami bisa melihat seluruh kota NANTES dari setiap sudut, dari utara ke selatan, dan bisa melihat Univ NANTES yang cukup jauh dari pusat kota, dan yang lebih menggembirakan kami adalah disaat kami melihat bangunan masjid (di Angers masjid bentuknya hanya seperti ruko) di daeraeh CASSIE. Upss kami semua turun dari tram, waktu sudah menujukkan pukul 17h30, Ayo kita sholat Ashar dulu….kapan lagi sholat di Masjid… “ kata pak Djoko memberi komando.
Baru selesai Sholat Ashar, Azan Magrib sudah berkumandang….merinding aku mendengar Azan, sudah hampir 1 bulan aku tak mendengarnya selama di Perancis. Sholat berjamaah dengan berbagai bangsa dan warna kulit baru kualami,subhanallah..Indahnya.
Selesai sholat Magrib, kami buru-buru kembali ke La Gare, takut tertinggal kereta ke Angers jam   19h45.
Hemmm lumayan hari ini banyak juga objek wisata yang kami kunjungi di NANTES, Jam 20h30 kami tiba di Angers, sudah sepi sekali… tapi dari kejauhan bar dan restaurant masih buka, kulihat banyak anak-anak dengan kostum gothic membawa keranjang meminta permen dari semua pengunjung yang datang….oh iya malam ini perayaan St.Tussanct, atau di US/GB dikenal dengan HALLOWEN NIGHT….Pantes sepi…

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar