Sabtu, 10 Januari 2015

SALE, SOLDES, DISCOUNT…..




Hari Pertama SOLDES

Ini adalah hari pertama SOLDES (baca SALE) musim dingin di seluruh Perancis yang akan berlangsung hinga 1 bulan kedepan (7 Januari - 7 Februari), hampir semua toko baik pakaian, makanan, alat rumah tangga, electronic, buku, dll memberikan discount harga yang “gila-gilaan”  mulai dari 20%, 30%, 40%, 50%, 60% hingga 70%, benar benar potongan harga yang mengiurkan (bukan  dinaikkan 30% dulu lalu diberi label potongan harga 20%, seperti yang saya dengar ditanah air).

Buat yang hobby belanja inilah waktunya memuaskan “nafsu”  belanja…Semua toko berlomba-lomba memasang  Iklan Discount di depan toko mereka, dengan warna dan bentuk yang menarik, Barang-barang yang disusun di etalase kaca dengan hiasan stiker warna-warni penanda jumlah potongan harga yang diberikan.

Selama ini, setiap kali masa SOLDES yang waktunya hampir 1 bulan penuh, tak terlalu menjadi perhatianku,  maklum khawatir kalau bulan berikutnya BEASISWA belum tentu datang tepat waktu jadi harus  selalu hemat, dan memendam keinginan untuk berbelanja. Berbeda tahun ini, mengingat tahun terakhirku di negara MODE ini dan juga ada titipan dari sanak-saudara akan oleh-oleh khas dari Perancis, maka tak kuasa juga untuk berbelanja. 

Udara musim dingin  di luar masih terasa (4°C) dan matahari belum muncul walaupun jam sudah menunjukkan pukul 10.00 pagi. Aku sudah berada di pusat kota, tepatnya didepan toko yang menjual tas-tas bermerk Long C (yang kata orang-orang, merk tas sejuta umat bagi orang Perancis). Woww ternyata antrian sudah panjang, semuanya perempuan. ha..ha.. hanya aku sendiri yang berbeda gender dengan mereka. 

Begitu pintu Toko dibuka, mereka semua langsung menghampiri rak tas yang diinginkan, aku yakin mereka pasti sudah menentukan pilihannya jauh-jauh hari, atau bahkan sudah mengicarnya sebelum SOLDES dimulai.  Hanya aku yang masih bigung mencari-cari tas yang menjadi pesanan “Handai Taulan” di tanah air…  Titip Les Pliages, The Planetes, atau Neo Planetes, ya.. sepertinya mereka lebih mahir berbahasa Perancis dalam melapalkan type-type tas tersebut.

Diskusi via BB, Perancis –Indonesia, terkait warna, mode, type dan yang paling penting harga!!… untuk setiap tas butuh 15-20menit..  betapa girang mereka, setiap kali tahu kalau harga tiap tas bisa lebih murah ratusan ribu jika dibandingkan dengan harga di Indonesia…. ih murah bangetttt!!! 

Alléz y Monsieu,  il y à beaucoup choisi, ce matin..parce normallement apre-midi cet fini (Ayo tuan, masih banyak pilihan pagi ini, biasanya nanti siang sudah tidak ada lagi)  itu kira-kira yang diucapkan oleh pramuniaga, saat melihatku masih berdiri dipojokan sambil menunggu jawaban via BB. menunggu keputusan pilihan milih warna dan model sesuai dengan pesanan. Sepertinya dia sungguh-sunguh, karena dikiri-kananku banyak sekali perempuan tua/muda yang “kalap” memilih tas multifungsi ini. 

1, 2, 3, 4  Gesek..gesek..gesek dan gesek terus, kartu debet hijau tempat menitipkan uang €uro-handai taulan. Petugas kasir tersenyum ramah (sekali), jarang-jarang mendapatkan senyuman manis seperti ini selama di perancis.. ya mungkin karena pengaruh angka € yang berpindah kemereka.
Rasanya hari ini aku jadi orang kaya.. dengan tas-tas belanja besar yang berisi pesanan milik  handai taulan tercinta…  

Menjelang tengah hari, semakin ramai kota dengan orang-orang yang ingin berbelanja « murah » tiap-tiap toko sudah penuh, dengan antrian panjang dikasir… L’Espace d’Anjou, Mall dipingiran kota menjadi tujuan berikutnya, selain alasan udara diluar semakin dingin, di Pusat Perbelanjaan ini juga terdapat beberapa toko pakaian dan jam yang menjadi  pavorit  « Handai Taulan », Benar dugaanku disini ada jam tangan S yang discountnya hingga 30%, via BB aku mendapatkan info kalau harganya lebih murah Rp 500ribu dibandingkan harga di Indonesia….  bungkus !!!, karena merk ini cukup terkenal dan harga barang second-nya juga masih lumayan, jadi kalau bosan ngak rugi-rugi banget dijual lagi… 

Uppss di depan ada toko Parfum Shepora...salah satu toko parfum besar yang juga menawarkan disc, tapi tak banyak  merk yang mendapat discount, kalaupu ada harganya masih cukup mahal. Lagi-lagi info dari Jakarta, kalau harga di Indonesia, jauh lebih mahal…. Ayo dong.. beliin, nanti kalau uangnya kurang di transfer kok.. please!!!, bujuk rayu “handai taulan”.  okelah kalau begitu, si kartu hijau digesek kembali.

Hmm…sudah jam 16.00 cukup dulu belanja hari ini, perutku sudah merintih dari tadi, karena belum diisi… Lusa belanja lagi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar