Sabtu, 21 September 2013

Kuliah S-3 (Siap-Siap Stress)

Setelah  lama sekali tidak ada catatan yang saya tambahkan di kotak penyimpanan kenangan selama merantau di negeri Napoleon ini.

Hari ini adalah Jum'at yang menengangkan, bagaimana tidak sampai jam 11.00 Laporan Survey yang dilakukan pada tahun ke I, belum juga kelar. Mumet, Stress, sampai mandipun tak sempat padahal jam 12.30 sudah ditunggu pembimbing II.

Inilah sepenggal pengalaman kuliah kuliah S-3, dengan berbagai Susah, Senang, Semua-nya ada..

Kuliah S3 di negara Perancis Susah-Susah Santai (atau bisa juga kebalikannya Santai-Santai Susah), tergantung mana yang paling sering dialami. Banyak sekali akronim (singkatan...red) ataupun anekdot  dari S-3 yang katanya jenjang pendidikan formal paling akhir ini, diantaranya;

- Siap-Siap Stress
Jauh dari keluarga, bahasa yang jelimet.. iklim/cuaca yang extreem, makanan yang tak selidah, dan berbagai hal yang baru dan jauh berbeda dengan budaya Indonesia, terkadang membuat Sangat Stress Sekali

- Seminggu Sekali Setor
Yang ini adalah aktifitas rutin yang dilakukan oleh mahasiswa S3, periodenya tergantung dari kesediaan waktu si pembimbing, ada juga yang Sebulan Sekali Setor. Setor disini maksudnya bertemu dan melakukan bimbingan/diskusi hasil riset selama Seminggu/Sebulan dengan pembimbing, terkadang setiap mahasiswa diminta untuk mempresentasikan hasil temuannya didepan para candidate doktoral lainnya yang memiliki rumpun yang sama.
Mahasiswa S3 tidak seperti mahasiwa S1/S2 yang memiliki kelas rutin setiap hari, mereka lebih banyak belajar mandiri. Riset literatur dan percobaan di lab menjadi pekerjaan hariannya. Tongkrongan favoritnya manalagi kalau bukan perpustakaan, untungnya perpustakaan  kampus-kampus Universitas di Perancis memiliki tingkat kenyamanan yang luar biasa, belum lagi koleksi literatur dan Teknologi Informasi (rata-rata jaringan Internet u/ WIFI sdh 4G) yang sangat bagus.

- Semua Serba Sendiri
Kuliah S3, tidak memiliki jadwal perkuliahan, maupun ujian semesteran, apalagi tugas-tugas.....enakkan!!!!. Namun ternyata Sangat Sulit Sekali, karena kita dituntut untuk dapat menyusun sendiri target-target yang harus kita kerjakan. Benar kata orang yang paling sulit itu adalah mendisiplinkan diri sendiri.. kalau tidak terbiasa bisa-bisa Semua Sia-Sia.

- Sering Senyum Sendiri
Bukan berarti gila, ini biasanya terjadi jika menjelang hari-hari  kepulangan ke Indonesia, membayangkan saat bertemu dengan keluarga, anak/istri tercinta. tapi juga Sering Sedih Sendiri  saat harus kembali ke kampus, melanjutkan Sekolah Sekolah Sekolah lagi...


Ini baru awal.... ada yang ingin menambahkan pengalamannya??????

3 komentar:

  1. Salam kenal Abang. Sy Anggoro, pgn lanjut kuliah di Perancis, tp orangtua ingin sy kerja dahulu. Apakah mungkin kuliah sambil bekerja di Prancis? Bila belum punya pengalaman kerja tetap, apakah bisa melamar riset S3 ke Prancis? Merci beaucoup
    anggoroci@gmail.com

    BalasHapus
  2. Kemungkinan u/ bekerja di FR tetap ada, namun suli bagi yang belum lancar berbahasa Perancis, sedang untuk Riset S3, anda harus mencari dulu Professor yang sesuai dengan bidang anda, dan pasti di bersedia menjadi pembimbing saudara..Selamat mencoba!!

    BalasHapus
  3. Salam kenal Mas..
    Nama saya Ican, ingin melanjutkan studi S3 (Ph.D) ke Perancis.
    Untuk studi hukum dimana kampus yang bagus ya Mas?
    Apakah di Universite de Paris 1 Pantheon - Sorbonne, atau ada kampus yang lain yg lebih recommended?
    Terus bagaimana cara memperoleh LoA untuk S3 dari kampus2 di Perancis?
    Terimakasih Mas..

    BalasHapus